Penyebab Asam Lambung Kambuh Atau Naik kedada

Penyebab Asam Lambung – Asam Lambung sebenarnya bukanlah nama suatu penyakit, melainkan suatu enzim yang dapat berguna untuk menetralisir makanan atau minuman yang telah dikonsumsi dan membunuh bakteri atau kuman dalam makanan atau minuman tersebut.

Namun dengan naiknya asam lambung ke dada merupakan hal dapat menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius. Asam lambung dapat naik ke beberapa organ dalam tubuh pada dada, tenggorokan, paru – paru bahkan dapat naik ke tenggorokan. dan menimbulkan beberapa penyakit seperti Asma, radang tenggorokan, sinusitis dan lain-lain.

Gejala asam lambung yang sering dirasakan oleh penderita adalah sensasi terbakar pada pada bagian dada atau ulu hati, sehingga hal tersebut menimbulkan ke tidak nyaman setelah mengkonsumsi makanan. Gejala asam lambung ini masih dapat diatasi dengan mengkonsumsi madu asli sebagai obat asam lambung.

Penyebab Asam Lambung Naik Ke Dada

Penyebab asam lambung naik ke dada atau kambuh disebabkan karena LES (Lower Esophageal Sphinchter) tidak berfungsi dengan baik. LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah kerongkongan.

LES berfungsi sebagai sebagai pintu yang akan terbuka apabila makanan atau minuman akan masuk ke lambung, setelah masuknya makanan atau minuman tersebut LES akan kembali menutup untuk mencegah naiknya asam lambung.

Akan tetapi jika LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik maka asam lambung akan mudah naik ke tenggorokan. Berikut adalah Faktor-faktor yang dapat melonggarkan LES pada lambung :

  1. Faktor Obesitas
    Obesitas merupakan salah satu penyebab asam lambung yang diakibatkan oleh berat badan yang berlebihan. Karena berat badan yang berlebihan dapat melemahkan lingkaran otot dari bawah tenggorokan sehingga hal tersebut memudahnak naiknya asam lambung.
  2. Faktor Keturunan
    Seseorang yang memiliki riwayat terkena penyakit asam lambung kronis dapat menurunkan penyakit tersebut ke anak atau cucunya, karena penyakit asam lambung merupakan penyakit turunan.
  3. Faktor Usia
    Semakin tua usia seseorang maka semakin turun juga kemampuan dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil. Faktor usia tentu juga berpengaruh terhadap LES, dimana pada usia 50 tahun atau lebih otot LES akan semakin lemah, sehingga hal ini akan meningkatkan risiko terkena penyakit asam lambung.
  4. Kopi, Alkohol dan Rokok
    Mengkonsumsi Kopi, Alkohol dan Rokok terlalu sering dapat menimbulkan maag kronis, naiknya asam lambung dan kerusakan pencernaan. Untuk itu batasi penggunaannya agar terhindari dari penyakit asam lambung kronis.

Akan tetapi stres juga dapat memicu naiknya asam lambung ke dada meskipun tidak banyak timbul penyakit asam lambung yang ditimbulkan oleh stress. Selain itu Diabetes pun dapat meningkatkan risiko terkena penyakit asam lambung.

Tips Mencegahan Asam Lambung Naik

Apabila gejala asam lambung sudah muncul, maka segera lah atasi secepat mungkin agar asam lambung yang naik tidak merambat menjadi penyakit yang lebih serius lagi. Berikut adalah tips mencegah asam lambung naik :

  1. Makan dengan teratur
  2. Meminum air putih secara rutin.
  3. Mengkonsumi Oatmeal
  4. Buah-buahan (Apel, pir, pisang, anggur dan semangka)
  5. Sayuran tertentu (Brokoli, Kentang, Wortel dan Kubis)
  6. Susu rendak lemak
  7. Madu Asli dengan kunyit
  8. Jahe

Itulah beberapa tips untuk mencegah asam lambung supaya tidak kambuh kembali, akan tetapi mengikuti tips untuk mencegah asam lambung saja tidak cukup. Untuk itu agar asam lambung tidak laik kembali, anda harus mengimbanginya dengan mengetahui dan menghindari penyebab asam lambung naik juga. (Sumber:Google)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *