Gejala Asam Lambung – Penyakit asam lambung merupakan penyakit yang ditandai dengan rasa panas di dada dan diulu hati. Hal ini terjadi karena naiknya asam lambung ke esofagus atau kerongkongan.

Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan naiknya asam lambung ke esofagus yaitu pengaruh dari makan yang tidak teratur dan terlalu mengkonsumsi makanan yang dapat menaikan asam lambung seperti makanan pedas, berlemak tinggi, buah-buahan asam, kopi, alkohol, rokok dan masih banyak lagi.

Agar penyakit asam lambung tertangani dengan benar, perlu sekali kita untuk mengetahui apa saja gejala asam lambung dan bagaimana saja cara mengatasinya.

Gejala Asam Lambung

Gejala asam lambung sering sekali tidak terlalu diperhatikan, mengingat gejala dari asam lambung pun sering tidak disadari. Padahal penyakit asam lambung yang tidak diobati dapat menimbulkan komplikasi yang membahayakan kesehatan tubuh. Berikut adalah gejala asam lambung yang dapat anda ketahui Agar penyakit asam lambung tertangani dengan benar, perlu sekali kita untuk mengetahui apa saja gejala asam lambung dan bagaimana saja cara mengatasinya.

  1. Nyeri dada disertai dengan panas
    Asam lambung yang naik kedada dapat menimbulkan rasa nyeri pada dada serta dada akan terasa menjadi panas, biasanya rasa nyeri ini timbul setelah makan atau membungkuk.
    Rasa nyeri di dada ini dapat menyebar ke bahu, pinggang atau ke anggota tubuh yang lainya apabila tidak segera diobat dengan obat asam lambung.
  2. Nyeri ulu hati
    Nyeri pada ulu hati merupakan gejala asam lambung yag sering dirasakan ketika penyakit asam lambung sedang kumat. Nyeri pada ulu hati sering dirasakan ketika perut kosong atau mengkonsumsi buah-buahan asam.
  3. Tenggorokan terasa sakit
    Asam lambung yang naik ke tenggorokan menimbulkan rasa sakit pula pada tenggorokan tersebut. Apabila gejala ini muncul segera lakukan pemeriksaan kedokter agar tidak menimbulkan penyakit radang tenggorokan.
  4. Sesak nafas
    Sesak nafas adalah gejala asam urat yang ditimbulkan asam lambung naik ke paru-paru sehingga menimbulkan sesak nafas. Selain itu sesak nafas bisa ditimbulkan karena penyempitan saluran pernafasan yang diakibatkan oleh penyakit asam lambung.
    Biasanya sesak nafas yang diakibatkan oleh asam lambung naik selalu disertai dengan batuk kering.
  5. Sering mual atau muntah-muntah
    Ketika naiknya asam lambung kedada maka dada akan merasakan sensasi terbakar, sehingga ini akan menimbulkan mual dan muntah-muntah. Biasanya mual akan dirasakan setelah mengkonsumsi makanan.
  6. Sulit menelan
    Naiknya asam lambung dapat menimbulkan saluran pencernaan menjadi membengkak sehinggal hal ini dapat mempersulit masuknya makanan ke lambung.
  7. Nafas menjadi bau
    Asam lambung yang naik pun dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap, sehingga gejala asam lambung ini akan mengganggu kepercayadirian anda. Oleh karena itu penyakit asam lambung harus segera diatasi dengan obat asam lambung yang ampuh agar anda dapat beraktivitas normal seperti biasanya.
  8. Perut kembung
    Asam Lambung yang naik dapat menimbulkan perut yang kembung yang disertai dengan sendawa. karena banyaknya angin dalam perut yang susah keluar. Akan tetapi dengan mengkonsumsi jahe, perut kembung akibat naiknya asam lambung akan mudah teratasi.
  9. Produksi air liur menjadi berlebihan
    Ketika asam lambung naik ke dada maka produksi air liurpun akan semakin cepat dari biasanya. Hal ini merupakan proses alami tubuh dalam membersihkan iritasi pada lambung.
  10. Mulut terasa pahit
    Asam lambung yang naik ketenggorokan menimbulkan rasa pahit pada mulut. biasanya mulut terasa pahit pada malam hari atau pada saat sedang beristirahat.

Cara Menanggulangi Gejala Asam Lambung Naik

Agar penyakit asam lambung naik tidak sampai berkelanjutan anda perlu melakukan aktivitas-aktivitas untuk menurunkan asam lambung dengan cara seperti berikut :

  1. Minum air putih
    Air putih terbukti ampuh dalam menurunkan asam lambung, karena air putih dapat membersihkan asam lambung yang berada di kerongkongan.
    Oleh karena itu usaha meminum 1-2 hari setelah bangun atau pada saat akan beristirahat.
  2. Batasi konsumsi makanan
    Salah satu cara menanggulangi gejala asam lambung adalah membatasi julah porsi setiap makan. Karena kondisi asam lambung yang naik kedada akan menimbulkan lambung lebih lambat mencerna makanan.
  3. Kunyah makanan lebih lama
    Timbulnya penyakit asam lambung menimbulkan lambung menjadi lebih lemah atau lambah dalam mencerna makanan yang masuk. Untuk itu biasakan kunyah lebih lama agar lambung lebih mudah dalam mencerna makanan.
  4. Hindari makanan atau minuman yang dapat merusak lambung (kopi, alkohol, dan rokok)
  5. Hindari buah-buahan asam (jeruk, stawberry, lemon, anggur dsb)
  6. Hindari makanan tinggi lemak

Itulah beberapa cara untuk menanggulangi gejala asam lambung yang naik ke dada. Perlu diketahui penyakit asam lambung yang tidak diobati dapat menimbulkan penyakit asma, radang tenggorokan dan sinusitis. Untuk itu segera obati penyakit asam lambung dengan cara yang sudah dijelaskan diatas atau dengan obat asam lambung yang tepat untuk menanggulanginya.(Sumber:Google)